Seleksi I Pertukaran Pelajar- Bina Antarbudaya

Assalamu Alaikum sahabat!

Aku mau bagi kisah perjuangan seleksi pertukaran pelajar AFS nih, mana tau bisa jadi info ya gak?
Well,waktu denger pengumuman kalo bakal ada seleksi ke luar negeri,aku langsung daftar secara online trus kasih berkas-berkas ke chapter,kebetulan aku tinggal di Aceh,so,yaa chapter Aceh. Pas ngasih berkas,aku dapat tanda peserta yang di stempel secara resmi sama ditandatangani dan tanda peserta itu ( baca:kartu peserta) gak boleh hilang.

Kalo gak salah waktu itu seleksinya 2 hari lagi, bukannya belajar, aku malah nyantaai ajaa sambil mikir, “ah masih ada besok,besok aja belajarnya” (believe me,ini bukan pemikiran yg patut di contoh!)
Besoknya, bukannya belajar, aku malah asikkan nanya sana-sini pake twitter sama facebook dengan keyword “kamu ada ikut AFS gak?”
Yah dasar emang sok eksis -__-
Pokoknya waktu subuh di hari H nya, aku bikin rumah gempar dengan pertanyaan “17 agustus 1945 itu di bulu burung garuda yang mana ajaa?”
Pokoknya,kalo adik gak bisa jawab,ayah kena sasarannya dan ayah lupa, tapi Alhamdulillah mama waktu itu ingat.

Jadi aku pergi ke tempat seleksi dengan bekal ilmu yang cukup patriotisme dan dalam hati aku bilang “Yes! aku udah belajar!17 disayap,45 didada,8 dileher” yah,begitulah,anak yang punya optimisme tinggi (jangan di contoh!) dan tanggal 29 April 2012,pertempuran pertamaku di mulaaiii

TATA TERTIB
// Peserta diharap datang satu jam sebelum pelaksanaan seleksi dimulai.
// Peserta berpakaian bebas namun rapi dan sopan:
§ Tidak berpakaian berbahan dasar jeans.
§ Tidak menggunakan Kaos/T-shirt/Polo Shirt/ bercelana pendek.
§ Menggunakan sepatu.
§ Peserta boleh menggunakan seragam sekolah.
// Peserta diwajibkan membawa alat tulis lengkap.
// Peserta harus membawa kartu ujian.
// Pengantar/ Orang tua hanya boleh mengantar hingga batas yang telah ditentukan oleh panitia.
// Peserta luar kota Banda Aceh akan melakukan verifikasi berkas sebelum memasuki ruang
seleksi.
// Tidak boleh membuang sampah sembarangan dan wajib menjaga kebersihan gedung tempat
seleksi.

Rangkaian Seleksi Tertulis/ Tahap I
· Pengetahuan Umum (120’) : 08.00 – 10.00 WIB
· Bahasa Inggris (90’) : 10.30 – 12.00 WIB
· Essai Bahasa Indonesia (90’) : 13.00 – 14.30 WIB

Untuk tes pertama, yaitu : Pengetahuan Umum, Bahasa Inggris, sama Mengarang Esai Bahasa Indonesia.

Aku saranin buat kamu kamu yang mau ikut seleksi ni, harus banyak baca RPUL, koran, update tentang dunia pokoknya! Karena itu paling penting! Harus! Pasti nyesal deh kalo gak baca banyak!
-Pengetahuan umum itu soalnya ada 100 dan kalian tau apa? bulu si garuda kagak ditanya sama sekali! Aku bacanya hampir jungkir balik!Soalnya lumayan ganas. Tentang dunia,ada juga tentang yang diajarin disekolah tapi gak banyak. Nih soal yang masih aku inget :
#Adele itu memenangkan berapa award?
#Pernyataan tentang tomcat
#Nama sutradara film The Raid
#Berapa provinsi di Jawa
#Soal matematika bangun ruang
#soal fisika tentang suhu
pokoknya gitu gitu deh! trus kita semua dikasih break time untuk istirahat. Waktu break time ini aku pakaian buat tumpahi kekesalan atas ketidak hadiran bulu garuda di soal dengan temanku yang kebetulan juga ikut. Beberapa saat kemudian belnya bunyi lagi, dan kita semua masuk.
-Kali ini soal bahasa Inggris total 50 soal. Trust me,ini bahasa inggris dasar,tapi kalian perlu banyak-banyak ngafal vocabulary. Dan Alhamdulillah karena aku senang bahasa inggris, jadi lumayan bisa.
Udah selesai ujian bahasa inggris, kita semua di izinkan untuk ishoma (istirahat,sholat dan makan) dulu. Jadi aku milih pulang ke rumah. Udah selesai semua,aku balik lagi ke tempat ujian dan kalian tau apaa? Hujan turun dengan derasnya. Kebetulan Ayah ngantar aku pake honda karena takut macet kalau naik mobil dan ternyata, cuaca berkata lain :’)

Jadi kita berdua berhenti dipinggir jalan. Waktu udah kepepet! Akhirnya ayahku bilang aku naik becak aja karena emang gak ada pilihan lain.
Jadi aku naik becak dengan pakaian yang semi-basah dan yang gak di sangka lagi,ayahku ikut naik becak,hondanya di tinggalin di pinggir jalan, kata ayah “Ayahkan mau support kamu,jadi harus ikut ngantar” Hikksss :’)
Sungguh drama di dalam derasnya hujan :’) Daddy, i love you!

Kebetulan saat itu mama baru siap operasi usus buntu,jadi belum boleh jalan jalan. Percaya deh sama aku, kali ini aku baru rasain yang namanya perjuangan. Naik becak hujan-hujan demi seleksi, ninggalin sepeda motor scoopy begitu aja di pinggir jalan, bikin repot ayah ikutan naik becak ditengah hujan demi menyemangati anaknya dan sebagainya.
Pas aku nyampe disana, orang udah di dalam kelas semua.
Kali ini soalnya beda lagi style-nya
Kita di kasih 3 topik,maaf aku gak ingat semua topiknya,aku cuma ingat topik yang aku ambil : “Siapa yang kamu anggap pemimpin dan apa alasannya” dan harus dikarang kurang lebih 1 setengah lembar.
sebagai catatan, kalian keluarin aja apa yang kalian pikirin! jangan ditahan-tahan dan kalo bisa judulnya yang gak buat essay kalian tenggelam diantara essay-essay peserta lain. Judul essay-ku “AYAHKU PEMIMPIN NOMOR SATU” (yep, caps lock semua, demi super nonjol)
setelah aku buat essay, aku pulang dengan senyum merekah, biar aja si garuda gak ditanya. Yang penting aku udah lakuin sebisa mungkin. Dan aku udah berusaha untuk nutupin nilai jeblok dipengetahuan umum dengan essay (ini kok di blog gak ada emotikon love sih)
Dan ALHAMDULILLAH, pas pengumuman,ternyata Allah merestui perjuanganku,aku lulus tahap pertama!
tahap kedua bakalan aku publish beberapa hari lagi (anggap aja ini emotikon love!)

12 thoughts on “Seleksi I Pertukaran Pelajar- Bina Antarbudaya

  1. Hai.. Namaku Gilang dari Subang, Jawa Barat. AKu juga salah satu peserta seleksi AFS Binaantarbudaya. Hari Minggu tgl 28 April Aku seleksinya di Purwakarta. Wah, salam kenal ya.. BTW, nama Kamu siapa…? Makasih infonya ya. Semoga Kamu bisa lulus semua seleksi, (begitu juga Aku) Amin…

    • Hai maaf nih aku gak ada pemberitahuan di blog bahwa ada komentar di blog. Walaupun udah basi, salam kenal juga!
      Namaku Siti Aishah dari Aceh, sayangnya aku gagal ditahap ketiga :(
      Semoga sekarang kamu lagi diluar negeri yaa!

  2. assalamu’alaikum wr.wb hai kak aishah :) saya shafira dari smanti batam, saya tahun ini mendaftar YES kak. belum seleksi sih *alhamdulillah. hehe. kak, saya liat beberapa soal dari mbah google, itu soalnya bikin speechless kak :( aku jadi pesimis, gimana ya kak, pengetahuan umum saya ga bagus-bagus banget lagi -_- :( jadi gimana ya kak?mana besok udah bulan april :(

    • Walaikum salam. Hai juga adik shafira ;)
      Soal2nya emg mgkin agak susah (tapi ampang kalo kamu rajin membaca!), tapi kamu jangan pesimis. Rajin baca deh berita2, banyak baca tentang negara2. Seingat kakak sih ya, ada pelajaran2 ips yang kita belajar di sekolah dasar. Jangan pesimisss, seriusan loh.
      Kakak cuma ngafal masalah pancasila, sama arti2 gambar bulu di burung pancasila pas mau tes. Bayangin aja, ditanya juga enggak, tapi ternyata sbagian besar soalnya, pelajaran pas kita sekolah dulu!
      Kamu bilang, penetahuan umumkamu gak bagus2 banget kan? Pasti bisa dirubah, intinya HARUS rajin baca. Dan ini ya, kunci satu lagi yang insya Allah buat kamu sukses, PERCAYA DIRI. Jangan takut salah, jangan pesimis, jangan anggap diri kamu bodoh atau gak bisa. Kamu pasti bisa!
      Good luck you♥

    • Hai Tuti!
      Saran kakak dih yaa, kyk yg udah kakak blg sama adik2 yg lainnya, banyak membaca tentang ilmu pengetahuan, sering baca koran, terus yang paling penting itu percaya diri dan yakin!
      Sukses buat kamu!

  3. halo salam kenal , saya dito peserta afs tahun ini , kalau boleh tau kira-kira berapa persen kakak bisa menjawab soal pengetahuan umum seleksi 1, karena saya benar2 tidak tahu banyak tentang pengetauan umum

  4. Hai Kak Siti!^^ terima kasih banyak buat postingan tentang seleksi tahap pertama afs, meski postingannya udah lama, tapi ini bermanfaat banget. dan dari pengalaman kak Siti, saya jadi ingin ikut menjadi peserta afs Bina Antarbudaya tahun 2016/2017. memang sih kak, saya juga agak lemah di bidang Pengetahuan Umum, hehehe. dan oh iya kak, apa kakak ada melakukan interview bahasa inggris selama seleksi-seleksi?

    • Halo cassia, saya mohon maaf atas keterlambatan balasan blog, maaf ya 😢
      Gimana dengan pengumumannya? Kamu lulus gak?
      Saya bersyukur postingan saya dapat membantu! Saya gagal ditahap terakhir dan sudah lewat tahap wawancara

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s