Seleksi I Pertukaran Pelajar- Bina Antarbudaya,Nervouussss!!

Assalamu Alaikum :)

Aku mau bagi kisah perjuangan seleksi pertukaran pelajar AFS nih,mana tau bisa jadi info ya gak?
Well,waktu denger pengumuman kalo bakal ada seleksi ke luar negeri,aku langsung daftar secara online trus kasih berkas-berkas ke chapter,kebetulan aku tinggal di Aceh,so,yaa chapter Aceh. Pas ngasih berkas,aku dapet tanda peserta yang di stempel secara resmi sama ditandatangani dan tanda peserta itu (kartu peserta) gak boleh ilang

Kalo gak salah waktu itu seleksinya 2 hari lagi, bukannya belajar, aku malah nyantaai ajaa sambil mikir, “ah masih ada besok,besok aja belajarnya” (believe me,ini bukan pemikiran yg patut dcntoh -_-“). Besoknya,bukannya belajar, aku malah asikkan nanya sana-sini pake twitter sama facebook “kamu ada ikut AFS gak?” dasar emang akunya sok eksis -__-
Pokoknya waktu shubuh di hari H nya, aku bikin rumah gempar dengan pertanyaan “17 agustus 1945 itu di bulu burung garuda yang mana ajaa?” pokoknya,kalo adik gue gak bisa jawab,ayah kenak sasarannya,ayah lupa,Alhamdulillah mama gue waktu itu inget. Jadi aku pergi ke tempat seleksi dengan ilmu bekal yang cukup patriotisme dan dalam hati aku bilang “Yes! aku udah belajar!17 disayap,45 didada,8 dileher” yah,begitulah,anak yang punya optimisme tinggi (jangan di contoh!) Tanggal 29 April 2012,pertempuran pertamaku di mulaaiii
TATA TERTIB
// Peserta diharap datang satu jam sebelum pelaksanaan seleksi dimulai.
// Peserta berpakaian bebas namun rapi dan sopan:
§ Tidak berpakaian berbahan dasar jeans.
§ Tidak menggunakan Kaos/T-shirt/Polo Shirt/ bercelana pendek.
§ Menggunakan sepatu.
§ Peserta boleh menggunakan seragam sekolah.
// Peserta diwajibkan membawa alat tulis lengkap.
// Peserta harus membawa kartu ujian.
// Pengantar/ Orang tua hanya boleh mengantar hingga batas yang telah ditentukan oleh panitia.
// Peserta luar kota Banda Aceh akan melakukan verifikasi berkas sebelum memasuki ruang
seleksi.
// Tidak boleh membuang sampah sembarangan dan wajib menjaga kebersihan gedung tempat
seleksi.

Rangkaian Seleksi Tertulis/ Tahap I
· Pengetahuan Umum (120’) : 08.00 – 10.00 WIB
· Bahasa Inggris (90’) : 10.30 – 12.00 WIB
· Essai Bahasa Indonesia (90’) : 13.00 – 14.30 WIB
Untuk tes pertama, yaitu : Pengetahuan Umum, Bahasa Inggris, sama Mengarang Esai Bahasa Indonesia.
Aku saranin buat kamu kamu yang mau ikut nih seleksi, kudu banyak baca RPUL,koran,update tentang dunia pokoknya! karena itu paling penting! Harus! Aku aja nyesel gak baca banyak :'(
-Pengetahuan umum itu soalnya ada 100 dan kalian tau apa? bulu si garuda kagak ditanya -_- Aku bacanya hampir jungkir balik!Soalnya lumayan ganas bok-_- tentang dunia,ada juga tentang yang diajarin disekolah tapi gak banyak. Nih soal yang masih aku inget :
#Adele itu memenangkan berapa award?
#Pernyataan tentang tomcat
#Nama sutradara film The Raid
#Berapa provinsi di Jawa
#Soal matematika bangun ruang
#soal fisika tentang suhu
pokoknya gitu gitu deh! trus kita semua dikasih break time untuk istirahat,jadi aku ngoceh ngoceh kayak orang gila karena bulu si garuda kagak ditanya, kebetulan aku ngoceh sama kawan gue SMP dulu. Beberapa saat kemuadian belnya bunyi lagi,kita semua pada masuk.
-Kali ini soal bahasa Inggris total 50 soal. Trust me,ini bahasa inggris dasar,tapi kalian perlu banyak-banyak ngapal vocab.Dan Alhamdulillah karena aku senang bahasa inggris, jadi lumayan bisa :D
Udah selesai ujian bahasa inggris, kita semua diijinin ishoma (istirahat,sholat dan makan) dulu. Jadi aku milih pulang ke rumah. Udah selesai semua,aku balik lagi ke tempat ujian dan kalian tau apaa? hujan deras bangeet. Ayah nganterin aku pake honda lagi . Jadi kita berdua berhenti dipinggir jalan. Waktu udah mepet banget! Akhirnya ayahku bilang aku naik becak aja,so aku naik becak dan yang gak aku sangka lagi,ayahku ikut naik becak,hondanya di tinggalin di pinggir jalan, kata ayah “Ayahkan mau support kamu,jadi haru ngantar” Hikksss :’) daddy you’re THE BEST DADY EVER! Kebetulan saat itu mama baru siap operasi usus buntu,jadi belum boleh jalan jalan. Percaya deh sama aku, kali ini aku baru rasain perjuangan,naik becak hujan hujan demi seleksi,ninggalin honda scoopy di pinggir jalan,emang kenangan yang gak bakal aku lupain.
Pas aku nyampe disana, orang udah pada di dalam kelas. aku masuk ke dalam kelas dan di bagiin soal.
-Kita di kasih 3 topik,maaf banget aku gak ingat semua topiknya,aku cuma ingat topik yang aku ambil “Siapa yang kamu anggap pemimpin dan apa alasannya” harus dikarang kurang lebih 1 setengah lembar.
sebagai catatan, kalian keluarin aja apa yang kalian pikirin! jangan ditahan-tahan dan kalo bisa judulnya yang gak buat essay kalian tenggelam diantara essay-essay peserta lain. Judul essay aku ni ya “AYAHKU PEMIMPIN NOMOR SATU”
setelah aku buat essay, aku pulang dengan senyum merekah, biar aja si garuda gak ditanya. Yang penting aku udah menggila di essay nya :D Aku udah berusaha nutupin nilai jeblok dipengetahuan umum^^
dan ALHAMDULILLAH, pas pengumuman,ternyata Allah merestui perjuanganku,aku lulus tahap pertama :)
tahap kedua bakalan aku publish beberapa hari lagiii :D

10 thoughts on “Seleksi I Pertukaran Pelajar- Bina Antarbudaya,Nervouussss!!

  1. Hai.. Namaku Gilang dari Subang, Jawa Barat. AKu juga salah satu peserta seleksi AFS Binaantarbudaya. Hari Minggu tgl 28 April Aku seleksinya di Purwakarta. Wah, salam kenal ya.. BTW, nama Kamu siapa…? Makasih infonya ya. Semoga Kamu bisa lulus semua seleksi, (begitu juga Aku) Amin…

    • Hai maaf nih aku gak ada pemberitahuan di blog bahwa ada komentar di blog. Walaupun udah basi, salam kenal juga!
      Namaku Siti Aishah dari Aceh, sayangnya aku gagal ditahap ketiga :(
      Semoga sekarang kamu lagi diluar negeri yaa!

  2. assalamu’alaikum wr.wb hai kak aishah :) saya shafira dari smanti batam, saya tahun ini mendaftar YES kak. belum seleksi sih *alhamdulillah. hehe. kak, saya liat beberapa soal dari mbah google, itu soalnya bikin speechless kak :( aku jadi pesimis, gimana ya kak, pengetahuan umum saya ga bagus-bagus banget lagi -_- :( jadi gimana ya kak?mana besok udah bulan april :(

    • Walaikum salam. Hai juga adik shafira ;)
      Soal2nya emg mgkin agak susah (tapi ampang kalo kamu rajin membaca!), tapi kamu jangan pesimis. Rajin baca deh berita2, banyak baca tentang negara2. Seingat kakak sih ya, ada pelajaran2 ips yang kita belajar di sekolah dasar. Jangan pesimisss, seriusan loh.
      Kakak cuma ngafal masalah pancasila, sama arti2 gambar bulu di burung pancasila pas mau tes. Bayangin aja, ditanya juga enggak, tapi ternyata sbagian besar soalnya, pelajaran pas kita sekolah dulu!
      Kamu bilang, penetahuan umumkamu gak bagus2 banget kan? Pasti bisa dirubah, intinya HARUS rajin baca. Dan ini ya, kunci satu lagi yang insya Allah buat kamu sukses, PERCAYA DIRI. Jangan takut salah, jangan pesimis, jangan anggap diri kamu bodoh atau gak bisa. Kamu pasti bisa!
      Good luck you♥

    • Hai Tuti!
      Saran kakak dih yaa, kyk yg udah kakak blg sama adik2 yg lainnya, banyak membaca tentang ilmu pengetahuan, sering baca koran, terus yang paling penting itu percaya diri dan yakin!
      Sukses buat kamu!

  3. halo salam kenal , saya dito peserta afs tahun ini , kalau boleh tau kira-kira berapa persen kakak bisa menjawab soal pengetahuan umum seleksi 1, karena saya benar2 tidak tahu banyak tentang pengetauan umum

Berikan Balasan

